Halaman

Jumat, 07 September 2012

Arti Sebuah Nama

Nama itu dapat berarti doa dan aku percaya itu. Waktu masih kecil sering bingung sendiri kenapa namaku terlalu panjang, lalu saat besar jadi bingung sendiri bagaimana menyingkat namaku (terutama mengisi lembar jawaban SNMPTN dan sebagainya), dan saat ingin membuat account  pada sebuah situs juga selalu bingung karena tidak ada family name yang bisa kucantumkan. Gegara nama yang panjang itu, nama panggilanku pun jadi bermacam-macam, mulai dari titi'oma (nama yang dilucu-lucukan), hesti, ulil (nama seekor ulat dalam acara siKomo), isti, istiqamah, dan terakhir nurul.
Namaku, Nurul Istiqamah Ulil Albab, itulah yang paling lengkap. Keempat suku katanya diambil dari bahasa Arab, dan keempat-empatnya adalah murni pemberian Bapakku, tidak ada tambahan dari siapapun. Nurul berarti cahaya, Istiqamah berarti teguh pendirian dalam tauhid dan tetap beramal saleh (QS Al Ahqaf :13), sedangkan Ulil Albab berarti orang yang berakal/senantiasa berfikir. Melihat dari artinya, terlalu berat bagiku menjadi orang yang seperti itu. Entah mengapa ayahku menamaiku seperti itu, dia menginginkanku menjadi anak yang 'begitu'. Kadang aku malu, saat orang-orang memintaku menjabarkan arti dari namaku. Aku malu karena aku tidak diriku tak bisa sesuai dengan namaku, dan nama yang indah itu..ahhh aku takut menjadi sombong karenanya. Meskipun begitu, aku bersyukur dianugerahu nama itu. 
Hari itu saat beres-beres rumah, aku menemukan sebuah buku agenda tua. Tahunnya menunjukkan sekitar 1989...heyy itu tahun lahirku!langsung saja aku membukanya. Buku itu ternyata milik Bapak, dan ketika kulihat tanggal 16 bulan Februari, kubaca isinya yang kira-kira begini, ' Hari ini terlahir anak kedua, kuberi dia nama 'Nurul Istiqamah Ulil Albab', lahirnya lebih cepat dan lebih mudah daripada yang pertama karena kelahirannya diiringi surat Yasin'. Masya Allah.. aku kemudian tidak mampu berkata apa-apa ketika membaca ini, hampir saja air mataku tumpah, Ya Allah... terima kasih karena menakdirkanku menjadi anak dari lelaki ini dan terima kasih aku terlahir dari rahim perempuan ini, ibuku.


1 komentar: