Halaman

Kamis, 31 Januari 2013

My Most Favorite Architect

Hello All...

These are the list of my favorite architects. Saya mulai menyukai dunia arsitektur sejak SMP. Rasanya begitu 'wah' melihat bangunan-bangunan indah atau merasakan ruang yang nyaman. Menginjak SMA saya pun mulai berlajar sketsa sedikit demi sedikit, dan akhirnya kesampaian untuk masuk di jurusan Arsitektur. 
Menjadi arsitek tidak mudah ternyata, tidak semudah yang saya bayangkan ketika SMA dulu. Dalam desain,  banyak hal yang bisa mempengaruhi, lingkungan, latar belakang, visi, dan lain-lain.
Berikut 5 arsitek yang karya-karyanya menginspirasi saya dalam 'memutuskan ide'. Someday... saya ingin seperti mereka. 

1. Ridwan Kamil 
sumber gambar, klik di sini

Ridwan Kamil adalah orang Sunda asli yang lahir tahun 1971. Pendidikan arsitekturnya dimulai di ITB kemudian berlanjut di University of California, Barkeley. Peraih 20 penghargaan internasional ini sangat memperhatikan lingkungan dalam setiap karyanya. Saat ini beliau juga aktif sebagai dosen pengajar pada Jurusan Arsitektur ITB.  Salah satu karyanya yang paling saya sukai adalah Mesjid Al Irsyad, Kota Parahyangan Baru, Jawa Barat. 

sumber gambar, klik di sini

sumber gambar, klik di sini
See?? bagaimana menurut kalian, indah bukan. Fungsinya dapat... seninya dapat. 'Keluar jalur' nya mesjid ini yang justru membuatnya spesial. Tidak pernah kita bisa membayangkan sebelumnya didepan mihrab adalah kolam dan dinding terbuka yang punya akses melihat pemandangan di luar. Mesjid Al Irsyad ini menjadi 5 besar 'Building of The Year'  untuk kategori tempat peribadatan, dan menjadi satu-satunya bangunan di luar gereja (4 lainnya adalah gereja). 
Banyak karya pak Ridwan Kamil lainnya yang tidak kalah 'wah'. Seperti museum Tsunami Aceh, 'The bottle house' yang tidak lain adalah rumah pribadinya sendiri, dan masih banyak lagi. Beliau juga aktif mengkritik dan melakukan aksi nyata dalam upaya penataan kota yang lebih baik. Beberapa pemikirannya dituangkan dalam blog pribadinya http://ridwankamil.wordpress.com/.

2. Santiago Calatrava 

sumber gambar, klik di sini

Setiap karyanya, selalu 'wow' di mata saya. Unik, struktur yang 'gila', dan unity. Beliau adalah seorang lulusan Sipil. heran? saya pun begitu. Hanya sedikit sekali lulusan sipil yang bisa begitu artistik dalam mendesain bangunan. Tapi Calatrava mematahkan semua itu. Karyanya tidak hanya artistik, tapi juga strukturnya benar-benar luar biasa, dan dia mengerjakannya sendiri, baik perancangan struktur maupun arsitekturnya, suatu hal yang sangat langka dimiliki oleh seseorang sekaligus. 
Karyanya yang paling kusukai adalah 'Turning Torso'. 

sumber gambar, klik di sini

Untuk melihat karya-karya Santiago Calatrava yang lainnya, silahkan kunjungi web ini http://www.calatrava.com

3. Frank Lloyd Wright (1867-1959)

sumber gambar, klik di sini

What is architecture anyway? Is it the vast collection of the various buildings which have been built to please the varying tastes of the various lords of mankind? I think not. No, I know that architecture is life; or at least it is life itself taking form and therefore it is the truest record of life as it was lived in the world yesterday, as it is lived today or ever will be lived…So, architecture I know to be a Great Spirit. 
— Frank Lloyd Wright

sumber : http://www.franklloydwright.org/about/Overview.html

sumber gambar, klik di sini

Pernah membayangkan memiliki rumah seperti di atas? wahhh pasti sangat nyaman berada di dalamnya. Pertama kali melihat gambar ini semester 2 kuliah, saya sudah jatuh cinta. konsepnya luar biasa, dan pas tahu proses idenya, saya pun semakin kagum. Kaaufmann house ini lebih populer dengan sebutan 'fallingwater house'. Frank Lloyd Wright dalam karyanya selalu selaras dengan alam. Bangunanlah yang menyesuaikan diri dengan alam, bukan alam yang mengikuti bangunan.

4. Achmad Noe'man 

sumber gambar, klik di sini

Beliau dikenal dengan 'Arsitek 1000 Mesjid'. Karyanya yang paling fenomenal adalah Mesjid Salman ITB. Mesjid ini pada zaman itu sungguh 'di luar koridor' karena tanpa kubah. Seperti yang kita ketahui, di Indonesia, keberadaan kubah sudah tidak bisa dilepaskan dari sebuah mesjid. Kubah kemudian diidentikkan dengan bangunan Islam. Padahal kubah itu sendiri pertama kami muncul pada era Byzantium. Produk era Byzantium yang paling terkenal adalah Hagea Sophia  di Turki. Untuk mesjid Salman ITB, desainnya  mengikuti dua huruf pertama dalam bahasa arab yaitu 'Alif' dan 'Ba', 'Alif' pada menara dan 'Ba' pada bangunan utama. Bentuk kotak diambil dari bangunan Ka'bah yang sederhana. 

sumber gambar, klik di sini


Setelah mesjid Salman ITB, beliau kemudian banyak membangun mesjid-mesjid lainnya di Indonesia hingga ke Timur Tengah, seperti masjid Al Furqan Universitas Pendidikan Indonesia (UPI), Bandung; masjid Al  Markaz Al Islami di Makassar; masjid At -Tin, Jakarta; masjid Raya Batam serta banyak masjid lainnya. Dan tidak satu pun dari desain mesjidnya yang memiliki kemiripan khas satu dengan yang lainnya. Menurut berbagai cerita, mesjid-mesjid yang didesain Achmad Noe'man yang berhasil dibangun, selalu memberikan dampak sosial yang positif bagi lingkungannya. 

5. Yori Antar


sumber gambar, klik di sini

Yori Antar adalah salah satu arsitek muda yang dimiliki bangsa ini. Mengapa saya memfavoritkannya? Karena karya-karyanya selalu 'dibumbui' kekayaan arsitektur nusantara. Tidak sepenuhnya meninggalkan modernitas tapi lebih pada memberikan soul pada bangunan agar ciri khas arsitektur Indonesia kian muncul. 
Dalam media online The  Jakarta Post, beliau menuturkan seperti ini: 

“I’m not saying I’ve become a traditional architect. I’m still a modern-day architect, but one who wants to try to appreciate our own roots,” he points out. “If we want to build modern architecture, build ones that have soul. Look at Japanese architecture. Physically their buildings are so modern, yet it’s thick with the Japanese soul. We wouldn’t want modern buildings built in a generic style with the same feeling regardless of where they are. We don’t want modern buildings the kind that Singapore, Hong Kong or Malaysia have.”

Salah satu karyanya yang menjadi favorit saya adalah Museum Trowulan 

sumber gambar, klik di sini


2 komentar:

  1. kalo arsitek favorit saya, cuma satu, ryan fikri :)

    BalasHapus
  2. untuk yori antar, gan punya biografinya ga... klonya punya bsa postkan.. heheehe,

    BalasHapus